Berita

Halal bihalal 1 Syawal 1445 H FKA BKM Kecamatan Klojen Kota Malang

KOTA MALANG | KIM-RODOWO || – Forum Komunikasi Antar BKM (FKA BKM) Kecamatan Klojen menggelar Halal bihalal di kantor Kelurahan Rampal Claket Jl. Jaksa Agung Suprapto gg 2, Kecamatan Klojen, dihadiri 7 Kelurahan dari 11 kelurahan yang diundang. Minggu, (24/4)

Disampaikan oleh Sugito, ketua FKA BKM Kecamatan Klojen menyampaikan ketidak hadiran beberapa anggota FKA BKM tersebut sudah menyampaikan ijin via WA, karena ada kegiatan lain yang bersamaan.
Senin, (6/5/2024)

Acara dibuka oleh Samsul Hadi, Seketaris FKA BKM Kecamatan Klojen, ia sampaikan pentingnya membangun silaturahmi antar BKM Kecamatan Klojen yang fakum selama pandemi covid 19 yang lalu.

Selanjutnya rapat koordinasi yang dikemas halal bihalal 1 syawal 1444 H, disampaikan oleh Sugito, ketua FKA BKM, bahwa masih dalam bulan syawal pentingnya meningkatkan silaturahmi antar anggota pengurus BKM dengan tujuan kedepan lebih baik dan meningkatkan progresifitas program-program BKM.

Acara halal bihalal yang didalamnya termuat rapat koordinasi, semua pengurus BKM dari 7 kelurahan menyampaikan pengalaman dan kendala yang dialami oleh masing-masing BKM.

Imam, Koordinator BKM Mandiri Kelurahan Penanggungan menyampaikan beberapa hal terkait progres program yang selama ini berkemang baik atas dasar komunikasi baik antara lembaga kelurahan (LPMK) dan pemerintah kelurahan, dalam hal ini adalah lurah.

“Pentingnya membangun komunikasi antar lembaga. Kami, selaku PK BKM, bisa bekerja sama dengan LPMK dan membangun sinergisitas dengan Pokmas Kelurahan. Jadi, kami selalu dilibatkan di semua kegiatan kelurahan maupun di LPMK,” tuturnya.

Forum FKA BKM, menyinggung terkait sanitasi dan lingkungan, banyaknya BKM yang tidak terlibat di pelaksanaan program kegiatan, khususnya program sanitasi komunal maupun individu (msyarakat), melalui implementasi pengajuan lewat musrenbang yang dikelolah oleh LPMK.

Sesuai dengan program pemerintah terkait pembangunan sanitasi pribadi maupun komunal dengan anggaran APBD Kota Malang, dengan tujuan terciptanya lingkungan bersih dari limbah kotoran (BAB) yang dibuang ke kali, forum tersebut berharap pemerintah bisa melibatkan BKM sebagai lembaga pemberdayaan masyarakat dan/atau sebagai lembaga kelurahan untuk bersinergi dengan LPMK.

Harapan dari FKA BKM tersebut agar ditingkatkan sinergisitas antar tiga lembaga yang ada di kelurahan, 3 lembaga tersebut adalah LPMK, Kelurahan dan BKM. Bahwa 3 lembaga itu sering disebut ‘Three Angles’.

Finally, rapat koordinasi, yang dipimpin ketua FKA BKM Kecamatan Klojen mengambil keputusan bersama, dengan harapan bisa ketemu Pj. Walikota Malang, walaupun sudah diagendakan tetapi belum pernah dijadualkan oleh petinggi pemerintah Kota Malang. Terbukti hingga hari ini tidak ada kejelasan kabar kabure! Entah kemana!

Dibacakan oleh seketaris FKA BKM, beberapa hal yang menjadi keputusan peningkatan progresifitas program, antara lain: 1. Membangun komunikasi, pertemuan per-dua bulan., 2. Meningkatkan komunikasi Three Angles di semua kelurahan., 3. Memperjuangkan sharing program sanitasi dengan LPMK dan Kelurahan., 4. Mengagendakan hearing dengan Pj. Walikota Malang, terkait sanitasi dan keterlibatan Pokmas kelurahan.

Berita ini baru ditulis setelah beberapa hari yang lalu setelah dilaksanakan pertemuan FKA BKM Kecamatan Klojen di kantor kelurahan Rampal Claket, Minggu (24/4), yang dihadiri anggota PK BKM 7 kelurahan yang hadir dan beberapa tokoh PK BKM periode lama, tahun 2000-an. (awik/kdr)

Editor : sandika putra maulana

About author

Articles

Kelurahan Oro Oro Dowo merupakan pecahan dari Lingkungan IV . Yang dulu awalnya kantor terletak di Jl. Welirang . Sekarang di Jl. Kunir No. 9-A Malang